Pengalaman Membeli Motor Cash Pertama Kali

    Hai semuanya kali ini aku ingin berbagi pengalaman membeli motor secara cash pertama kali. Kenapa cash bukan kredit? ini kembali kepada prinsip hidup masing-masing ya. Aku pribadi lebih nyaman mengumpulkan uang sampai cukup untuk membeli barang yang aku butuhkan secara cash. Sehingga aku tidak perlu memikirkan cicilan yang harus dikeluarkan setiap bulannya walaupun uang yang dikeluarkan saat membelinya terlihat besar di awal. Tetapi membuat tentram ketika memakai barangnya.

Photo by Nadine Wuchenauer

    Dengan segala kemudahan kredit di zaman sekarang, aku kira membeli motor secara cash akan dipersulit. Tetapi, ternyata cukup mudah kok. Pertama, kita bisa pergi ke Dealer motor terdekat lalu pilih motor yang ingin kita beli. Kebetulan jenis motor yang aku mau ready stock walaupun dengan warna yang adanya seperti itu. Gak masalah juga sih aku soal warna. Jadi, tidak perlu indent. Setelah itu, kita tinggal menyerahkan ktp asli dan akan diproses oleh Sales-nya. KTP digunakan oleh Sales untuk mengisi data. Sebenarnya perlu memperlihatkan KK (Kartu Keluarga) asli. Tetapi aku tidak membawanya. Jadi, aku meminta nomer Sales-nya untuk nanti aku kirimkan foto KK nya. Selanjutnya kita tinggal membayar sejumlah harga motornya. Aku pribadi melalui transfer m-banking. Setelah selesai, nanti akan dikirimkan motornya ke rumah pada hari itu juga. Kita hanya tinggal menunggunya saja nanti akan dihubungi oleh Driver yang membawa motornya.

    Setelah sampai di rumah, aku segera mengiriman foto KK kepada nomer Sales yang aku minta tadi. Aku menanti motor itu datang hingga hampir tengah malam di rumah. Aku mulai gelisah dan menanyakan kembali dimanakah keberadaan motorku. Salesnya menginfokan bahwa ditunggu saja motornya karena hari ini sedang banyak pengiriman. Kondisi di luar pun sedang hujan deras. Sales-nya memberikan aku nomer Driver untuk dihubungi langsung. Motorku pun sampai kira-kira jam setengah dua belas malam. Motorku diturunkan dari mobil pick up, kemudian Driver menyerahkan beberapa dokumen dan serah terima di atas materai yang harus ditandatangani. Dari pembelian motor tersebut, aku mendapatkan jas hujan, helm standard, satu set toolkit. Sementara buku pedoman pemilik, buku service dan garansi nanti akan diserahkan bersama STNK.

    Untuk STNK sendiri bisa terbit 2 minggu hingga 1 bulanan dari tanggal pembelian. Sementara BPKP baru akan diserahkan sekitar 2-3 bulan setelah pembelian. Oh iya, kita juga akan mendapatkan gratis 4 kali service dan1 kali ganti oli. Hehe.

    Sekian ceritaku tentang pengalaman membeli motor secara cash pertama kali. Semoga bermanfaaat untuk teman-teman semuanya :)

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Pages

Followers